Belajar Sehat Dari Hewan Peliharaan



Belajar Sehat Dari Hewan Peliharaan [ www.BlogApaAja.com ]



PERNAHKAH Anda perhatikan dengan detailkelakuan-kelakuan hewan peliharaan Anda? Tanpa Anda sadari, banyak tingkahmereka yang menyehatkan jika ditiru.



Tentu bukan perilaku yang tidak baik yangdimaksud di sini. Tapi, perilaku atau kebiasaan-kebiasaan hewan peliharaan yangdilakukan karena kebutuhan biologis mereka.

Apa pun hewan peliharaan Anda, selaindapat menjadi teman yang menyenangkan, hewan-hean peliharaan pun dapat menjaditeman yang mengajarkan cara menjaga kesehatan.

Berikut kebiasaan-kebiasaan hewan peliharaanyang menyehatkan untuk ditiru, sebagaimana dilansir Boldsky.

Banyak bergerak



Ini berlaku terutama bagi seekor anjing.Anda tentu tak heran bila mereka sangat energik dan sangat suka bila diajakberjalan-jalan mengelilingi taman setiap pagi atau sore, misalnya.

Kebiasaannya yang energik ini, mereka lakukansecara alamiah untuk menggerakan badannya dan memperbanyak melangkahkankakinya. Hal ini sangat patut ditiru karena menurut sebuah penelitian UniversitasHarvard, semakin lama Anda berjalan, menentukan berapa lama Anda akan hidup.Berjalan secara teratur di udara terbuka bermanfaat bagi kesehatan.

Tidur siang singkat



Penelitian membuktikan bahwa tidur siangsingkat sekalipun hanya 15 menit, setara dengan jam tidur yang panjang. Inijuga menjadi kebiasaan hewan-hewan peliharaan yang dapat dijadikan pelajaranluar biasa demi menjaga kesehatan Anda.

Perhatikan kapan saja mereka tidur dan lihatbagaimana bugarnya mereka setelah itu. Anda pun dapat mencoba untuk meraihmanfaat dari tidur siang sebentar.

Terlebih jika Anda merupakan orang yang sangatsibuk dan tidak mampu tidur selama delapan hingga sembilan jam per hari, ambilkesempatan sejenak untuk tidur siang singkat. Tidak perlu lama, 15 menit puncukup dan sudah bermanfaat.

Sebuah jadwal diet sehat



Tidak peduli apa hewan peliharaan yangdimiliki, jika Anda sadari mereka berpegang teguh pada pola makan tertentu.Mereka selalu mengunyah makanan dengan baik sebelum menelan makanan tersebut.Mereka pun lebih suka makan sesuai jadwal kebiasaan.

Hal tersebut dapat dijadikan pelajaran untukmenjaga kesehatan Anda. Makan sesuai jadwal dan mengunyah lebih lama membantumenghindari banyak penyakit, seperti batu ginjal.

Psikologi kesehatan



Apakah Anda tahu bahwa melupakan kesalahanseseorang merupakan kunci utama menuju kebahagiaan dan kesehatan mental yangsehat? Hal tersebut pun dapat Anda tiru dari hewan peliharaan Anda.

Perhatikanlah, apakah Anda pernah melihathewan peliharaan Anda tidak menanggapi panggilan Anda hanya karena telahmemarahi mereka beberapa menit yang lalu? Hewan peliharaan memiliki sifat setiadan menyanyangi majikannya. Hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat patutditiru. Pasalnya, memaafkan dan melupakan kesalahan seseorang merupakan sebuahkiat agar terhindar dari stres dan depresi.

Tarik napas dalam-dalam



Anda akan menemukan bahwa kebanyakan hewanpeliharaan sering mengambil napas dalam-dalam. Ini merupakan kebiasaan yangsangat sehat untuk mempelajari kebiasaan hewan yang menyehatkan.

Mengambil napas dalam-dalam bermanfaat untukmeningkatkan aliran oksigen dalam tubuh Anda dan membuat kita tetap sehat.Sebuah napas dalam-dalam menenangkan tubuh dan pikiran. Hal ini juga mengurangistres dan mengurangi masalah emosi dan rasa sakit.


Follow On Twitter